Selasa, 11 Oktober 2011

Therapy Ear Candle




   "Cantik-cantik kok budeg!" Pernahkah Anda mendengar ejekan seperti itu? Ternyata, cantik tidak cukup. Kulit wajah yang mulus dan bentuk tubuh yang indah rasanya tak lengkap jika Anda tidak memperhatikan kebersihan. Salah satunya adalah kebersihan telinga. Telinga kotor maka pendengaran terganggu. Jangan anggap enteng menjaga kebersihan telinga, Padahal organ yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga keseimbangan tubuh.

     Terapi ini bukanlah hal baru di dunia kesehatan. Sekitar 4.000 tahun lalu suku Indian, penduduk asli Amerika, memanfaatkan ear candle untuk upacara spiritual. Ear Candle yang digunakan saat itu terbuat dari kulit jagung yang dilapisi sarang lebah. Saat ini kain linen digunakan sebagai pengganti kulit jagung.

    Selain membersihkan telinga dari segala macam kotoran, terapi ini efektif untuk mengobati gangguan pendengaran, misalnya migrain, vertigo, sinusitis, insomnia, autisme pada anak, bahkan stres atau depresi.

     Lilin yang digunakan dalam terapi tentu saja bukan lilin biasa. Lilin khusus yang digunakan disebut dengan ear candle. Bentuknya seperti lilin biasa. Hanya saja bagian tengahnya berlubang seperti sedotan minuman. Lilin tersebut berdiameter 1,5 cm dan panjang kira-kira 20 cm. Ear Candle terbuat dari sarang lebah, kain linen kualitas tinggi, chamomile, dan sage yang bisa membunuh kuman di dalam telinga.

    Dalam terapi, ear candle bekerja seperti vacuum cleaner yang menyedot kotoran dengan menggunakan perbedaan suhu dan tekanan. Lilin yang dibakar akan menghasilkan panas. Tekanan udara di atas menjadi lebih rendah sehingga asap putih hasil bakaran lilin masuk ke dalam telinga. Setelah tiga perempat lilin terbakar, asap di dalam telinga pun menjadi jenuh. Dengan adanya aliran udara dan tekanan lebih dari dalam telinga sambil membawa kotoran yang ada di dalam telinga, termasuk wax atau minyak berlebih yang ada di dalam telinga.

   Selain untuk membersihkan telinga,terapi ini juga bisa membantu menghilangkan jerawat serta memberikan kesegaran pada wajah, Selain itu terapi ini bisa digunakan untuk relaksasi. Asap yang dihasilkan dari pembakaran lilin bisa membuat rileks bagi yang menghirupnya.


x_3ba3a532



0 komentar:

Posting Komentar